Selasa, 21 Februari 2012

mengembangkan kemampuan berpikir #4

E. mengubah diri dan orang lain
setiap manusia memiliki kemampuan dasar, yaitu akal, mentalitas, dan sikap.
-Ar-Ra'du ayat 11-
dalam diri manusia ada 3 hal ini. jadi, perubahan pada skala sosial hanya dapat terjadi jika setiap individu yang merupakan bagian dari anggota masyarakat mengubah apa yang ada dalam dirinya tersebut: akal,hati, dan fisik.

kekuatan awal dari seseorang adalah jika ia mampu menciptakan banyak pilihan. sering kali orang gagal di dunia ini karena tidak mampu menciptakan pilihan. kemampuan menciptakan pilihan adalah kemampuan dan kekuatan pertama yang dimiliki oleh manusia. kemudian, kemampuan itu didukung oleh hati dan fisik. dengan demikian, pengembangan diri seseorang harus dilakukan pada tiga skala ini: pengembangan visi, mentalitas, dan sikapnya.

tindakan manusia dapat dibagi menjadi 2, sadar dan tidak sadar
-tindakan sadar
adalah tindakan yang sifatnya prosedural, yaitu melalui proses-proses pemilihan, pemutusan, dan tindakan
-tindakan tidak sadar
adalah tindakan refleks. tindakan ini terjadi secara organik: antara tubuh kita dan dorongan-dorongan untuk melakukannya

dorongan yang mempengaruhi lahirnya tindakan refleks atau yang disebut dengan determinan ada 3 :
-determinasi genetika
-determinasi psikologis
cara didikan ketika kecil juga akan mempengaruhi sebagian besar perilaku seseorang
-determinasi sosial

ketiga determinasi ini adalah unsur yang bersifat eksternal. jika kita ingin mengubah perilaku kita, sebelumnya kita harus mengetahui mana perilaku yang bersifat genetika dan mana yang merupakan perolehan

ketika anda berpikir untuk mengubah diri, yang pertama harus kita lakukan adalah bagaimana supaya ketiga faktor determinasi di ayas bekerja dengan baik dalam diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar